Pengalaman Kerja Praktek


            Sedikit saya akan mengulas pengalaman pahit dan kecutnya mencari tempat kerja praktek hingga diterima di salah satu perusahaan yang ada di daerah di Karawang. Kewajiban sebagai seorang mahasiswa teknik adalah melakukan kerja praktek untuk memenuhi penulisan ilmiah. Kerja praktek ini dilakukan pada semester 6. Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan tema dan judul pada proposal penulisan ilmiah. Proposal yang telah disetujui oleh dosen pembimbing akan diajukan ke perusahaan. Dimulailah operasi keliling untuk mencari perusahaan yang mau menerima proposal tersebut.
            Pencarian pertama ada diwilayah Bogor, ketika itu bulan puasa dan cuaca sangat panas, setelah seharian berkeliling, ada beberapa perusahaan yang katanya ingin mempelajari proposal saya dan teman saya terlebih dahulu. Setelah seminggu menunggu tidak ada satupun kabar balik dari perusahaan yang ada di Bogor tersebut. Akhirnya saya mencoba untuk menelepon beberapa perusahaan dan hasil yang mengejutkan, bagian personalia perusahaan tersebut mengatakan bahwa tidak pernah menerima proposal kerja praktek. Merasa kecewa dan kesal, akhirnya saya dan teman memutuskan untuk menemui langsung dan berdialog dengan bagian personalia pada kesempatan berikutnya. Petualangan berlanjut sampai ke Jakarta Utara. Ketika itu dapat panggilan dari perusahaan yang ada di daerah Sunter. Merasa sedikit ada harapan tetapi harapan itu runtuh seketika karena pihak perusahaan meminta waktu kerja praktek selama 3 Bulan, hal itu tidak mungkin karena waktu yang ada hanya satu bulan.

Komentar