Volume otak membesar, masa otot mengecil


Ada yang bilang “semakin kesini volume otak manusia semakin besar tetapi masa otot manusia semakin mengecil” masa sih?
Coba kita ulas!!
Anak kecil jaman sekarang udah pada pinter-pinter, anak dari kenalan saya baru berumur 5 tahun sudah bisa utak-atik hp android, eh buset saya aja baru nyentuh hp pas kelas 3 SMP itu juga Cuma HP Hitam Putih yang ada permainan Bantumi, sama Ular nya. Perbandingan yang jauh ya. mungkin ini maksud dari ungkapan “otak manusia semakin membesar” dengan usia kecil sudah terbiasa otak atik komputer.
“Nak tolong beli garam di warung”, “iyee maak ane ngeluarin motor dulu”. Padahal warungnya ada di gang depan. untuk beranjak beberapa meter aja harus pakai motor, itu ironi yang terjadi sekarang, padahal lebih sehat jalan kaki. Waktu saya SD dulu motor itu masih kendaraan mewah apalagi saya ada dikampung. Kendaraan yang umum untuk pelajar adalah sepeda, tetapi sekarang anak SD pun sudah lalu lalang pakai motor orang tuanya sungguh ironi. Selain dari uraian motor tersebut, fenomena gadget membuat anak-anak betah bermain dilayar monitor berjam-berjam sehingga membuat kurang gerak. Banyak juga sepulang sekolah anak-anak langsung pergi ke warnet untuk bermain Game-Online sampai sore hari bahkan malam. Mungkin ini maksud dari ungkapan “masa otot manusia semakin mengecil” sungguh ironi.

Komentar