Berkunjunglah ke Kota Pariaman




Halo perkenalkan nama saya David Ardi, dalam tulisan ini saya akan menceritakan objek wisata yang ada pada Kota Pariaman. Kenapa harus Pariaman? Pertama karena Pariaman merupakan tempat asal saya dan saya dibesarkan di kota tersebut, yang kedua saya ingin memperkenalkan kota Pariaman lebih mendalam kepada pembaca agar mindset pembaca tentang Provinsi Sumatera Barat tidak melulu mengenai kota Padang, atau mindset tentang orang Minang itu adalah orang Padang. Dibandingkan dengan kota Padang sebenarnya masih banyak kota-kota yang terkenal di Sumatera Barat seperti kota Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, dll.
Kembali lagi ke pembahasan, berikut ini merupakan 5 objek wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Kota/Kab. Pariaman, langsung saja!!!
1.      Pantai Gandoriah adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak sekitar 100 meter dari pusat kota Pariaman, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Di hari libur pantai ini dilewati oleh kereta api wisata yang datang setiap hari dari stasiun Simpang Haru Padang menuju stasiun Pariaman. Di pantai Gandoriah ini setiap tahun dilaksanakan upacara pembuangan Tabuik di waktu matahari terbenam pada tanggal 10 Muharram.

Image result for pantai gandoriah 

 2.  Penangkaran penyu yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman di Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Ampalu 

Image result for penangkaran penyu pariaman 

  3. Pantai cermin terletak di desa karan aur 1,5 km ke selatan Kota Pariaman. Secara fisik pantai cermin cukup landai dengan kemiringan 0-2% bagian pinggiran sebagian besar ditumbuhi pohon pinus dan pohon kelapa yang rindang. Potensi alam sangat menarik untuk dinikmati karena kondisi pantai relatif terjaga. Warna pasir kuning gading tanpa lumpur, menambah asyiknya berwisata bersama keluarga. Fasilitas di area ini cukup memadai dan relatif aman. Di lokasi ini terdapat Restaurant yang cukup representatif menyediakan menu khas Kapalo Ikan Gulai, Cumi Goreng dan aneka jenis ikan laut dan minuman segar lainnya.

Image result for pantai cermin pariaman 
1
4. Pulau angso duo, sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 1,9 mil dari Pantai Gandoriah Kota            Pariaman.Untuk menuju ke Pulau Angso Duo, Anda para wisatawan dapat menggunakan jasa perahu nelayan ataupun speedboat, dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari Pantai Gandoriah.
Image result for pulau angso duo 5.

 
1.5.Tirta Alami terletak di kawasan Anai Resort yang terletak di Kandang Ampek, Kabupaten Padang Pariaman atau sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Padang. Di area ini, terdapat lapangan golf dan kolam pemandian Tirta Alami yang sumber airnya berasal dari mata air. Pemandian tirta alami yang dibuka untuk umum memiliki empat kolam pemandian dengan air terjun berundak. Kawasan pemandian seluas lima hektar itu kolamnya sangat alami yang terbuat dari batu-batuan alam. Karena hanya berketinggian sekitar 600 meter dari permukaan laut, pengunjung akan merasakan kesejukan alam yang berhawa pegunungan.
Image result for tirta alami 
 

Yoiii agan agan sekalian, mantap kan?? Pariaman kota yang berada di pesisir pantai, jadi objek wisatanya kebanyakan berhubungan dengan air lauut kecuali tirta alami pada bagian 5, tirta alami tersebut merupakan tempat favorit saya waktu kecil berenang bersama keluarga dan teman-teman.
Sekian tulisan ini semoga bermanfaat.


 







Komentar